Wednesday, December 17, 2008

Kuliah?? Apa si yang Lo Dapet?

hampir satu setengah taun gw kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran angkatan 2007, tp yang gw dapet cuma beberapa hal;
(1) gimana kita bersosialisasi dengan orang yang kita suka maupun nggak,
(2) gimana caranya kita menghadapi persoalan yang begitu sulit untuk di selesein,
(3) apa itu inti dari persahabatan.
kalo mau ngebahas tentang gimana gw kuliah, berapa IP atau IPK gw, itu mah soal yang masih bisa di rubah.
tapi sikap, sifat, perilaku, dan tindakan kita yang kadang suka ngebuat orang ngerasa ga enak dan bete, itu adalah suatu hal yang agak rumit untuk bisa kita ubah.

sifat; suatu sikap yang udah melekat dan cenderung kita lakukan pada saat kita sedang menghadapi masalah-masalah yang aneh,
sikap; suatu tindakan yang kita lakukan dan cenderung kita lakukan pada saat kita sedang menghadapi masalah-masalah yang ada,
kedua hal itu mungkin kalo dibaca sebentar cenderung sama, tapi ada satu hal yang nge-bedain apa bedanya dari kedua kosakata itu, yaitu:
sifat, yang udah melekat dalam jiwa kita adalah hal yang sulit untuk dirubah, tapi sikap, itu tergantung emosional kita yang lagi kita rasain pada saat kita menghadapi suatu masalah. Jadi, yang jelas tampak nge-bedain dua hal itu adalah 'emosional' yang lagi kita rasain.
sifat cenderung dan biasanya ga memandang emosi, atau situasi.

Kebetulan karena gue lagi nge bahas tentang dunia perkuliahan yang udah gue jalanin hampir 1,5 taun, ya gitu...
gue ngadepin orang yang macem-macem.. mulai dari ras, suku, agama, tempat asal, dan yang simpel tapi paling penting... "karakter"
gue udah nemuin orang-orang yang super duper baek, super duper jutek dan cuek mampus, sampe hal itu tuh ga gue sadarin lagi dan udah gue kategoriin ke dalam hal yang namanya kebiasaan dari tindakan mereka, dan yang ngejadiin gue sendiri secara otomatis, nganggep kalo hal itu ya biasa aja.

terus ke masalah pertemanan;
(1) adanya geng-geng an,
(2) aliansi-alinasi anti geng satu dengan geng yang lain,
(3) typical orang yang berbeda-beda.
tapi di samping itu semua, itulah pelangi yang nge warnain langit di antar hujan dan cerah.
atau mungin kaya angin tornado di antara masa panas dan masa dingin.
bingung kan gimana tornado atau angin topan bisa terjadi?
sama, gue juga bingung kenapa harus ada hal kaya gitu..
tapi balik lagi, kalo masalah pertemanan itu, wajar... that's wat's called a 'political play in their roles'

tapi kalo mau di balikin lagi.. lagi.. dan lagi..
itu tuh pelangi... nyatu tapi dalam berbagai warnanya yang berbeda.. tapi kalo di liat dari jauh indah kan? tanpa mandang proses itu bisa ngebuat suatu hal yang namanya pelangi itu indah...
itulah hidup.. itulah pertemanan...
terima aja apa yang udah jadi bagian dari lo, tapi jangan tolak juga apa yang ga masuk dalam kateogorisasi dari suatu syarat suatu pertemanan harus dan bisa terbentuk.
karena ga gampang untuk nemuin orang dari berbagai kelompok yang terpisah untuk bisa nyambung bareng sama lo..
hargain apa yang udah jadi hak lo untuk di milikki...
karena itu dia, kesempatan gak selalu dateng dua kali.. *hoki-hoki lo aja... hahaha

intinya, selama gw kuliah ini.. hampir satu taun setengah.. atau mungkin lebih tepatnya, 1 taun 3 bulan, hal-hal yang kaya gitu ga akan pernah lo temuin kalo ga di tempat yang namanya sekolah atau kampus.
pengalaman lo cari, dan lo ambil sebagai masukan, jangan jadiin penyesalan yang lo hadepin karena lo ngerasa ga suka.. toh balik lagi, inget aja.. "pelangi"
kadang ada saat ujan reda... tapi kadang juga ga ada.. tergantung suasananya...
lo juga ga selalu mandang itu indah, tergantung situasi jiwa lo...

pas lo kuliah juga, lo nemuin orang-orang yang lo anggep aneh.. tapi ya mana tau, orang itu juga nganggep lo aneh...
hahaha...

the best part of being a human being, is that you get a chance to make your own experiences...
create your experiences because you get a chance to...
don't ever waste your life-lah itu intinya.. nyambung gak sii...? hahaha...
thx people for reading this...

No comments: